Injak "bulu Babi", Turis Ini Lumpuh Seumur Hidup



Ini adalah kasus yang jarang terjadi, namun sangat fatal. Liburan impian seorang turis Inggris bernama Callum Hall (20), berubah bencana karena menginjak duri bulu babi di Yunani. Dia lumpuh selamanya.

Hall sedang berlibur di Pulau Skiathos, Yunani. Usai berperahu dia melompat turun. Namun tidak disangka, kakinya menginjak seekor bulu babi.

"Sakitnya seperti tersengat. Saya cabut 3 duri hitam dari jari kaki saya dan saya pikir nggak apa-apa," ujar calon guru olahraga ini seperti dilansir News Australia, Kamis (24/1/2013).

Nah, saat pulang ke Inggris 3 minggu kemudian, lukanya ternyata infeksi parah. Tumbuh borok sebesar bola tenis di tulang belakangnya dan merusak syaraf tulang punggung. Hall harus dioperasi kalau tidak dia meninggal!

"Kaki saya tidak bisa digerakan. Infeksinya merusak tulang belakang saya," kata dia.

Dokter berhasil membedah borok tersebut. Nyawanya berhasil diselamatkan, namun Hall lumpuh dari dada ke bawah.

"Katanya hanya satu dari 50.000 kemungkinan borok seperti itu di tulang belakang, dan hampir tidak pernah ada penyebabnya itu bulu babi," kata Hall.

Walau divonis lumpuh, Hall bersemangat untuk sembuh. Minggu lalu dia pulang dari rumah sakit dan belajar menggerakan perut dan jari kakinya. Hall berencana ikut olimpiade orang cacat Paralympic 2014 di Brazil.

Bulu babi banyak tersebar di seluruh pantai di dunia termasuk di Indonesia. Jika menginjak bulu babi, durinya sering patah dan akibatnya sulit dicabut dari kulit manusia.

Tindakan pertolongan pertama paling praktis, walaupun agak menjijikan adalah dengan mengencingi luka tusukan duri bulu babi. Amoniak pada urine, bisa membantu menghancurkan duri bulu babi. Cara lain adalah mengetuk duri perlahan-lahan dengan batu agar pecah dan mudah dikeluarkan dari kulit.

Sumber / Source

Arsip Blog