Peninggalan Bersejarah ditemukan di Sidoarjo

[imagetag]
Asal usul Kota Sidoarjo tampaknya mulai terkuak. Tadi, Rabu (21/3/2012), warga Dusun Ngemplak Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan menemukan situs purbakala berupa batu andhesit berbentuk stupa sepanjang satu meter bentuk segi empat. Situs tersebut diduga peninggalan jaman Kerajaan Kahuripan. Situs itu ditemukan saat Sutrimo (65), warga setempat menggali tanah dekat rumahnya.

Menurut Sutrimo, tahun 1975 lalu, dia pernah melihat warga setempat menggali situs itu dengan kedalaman 2,5 meter oleh pak Sabar. "Dulu waktu menggali, saya ikut membantu. Namun karena ada sesuatu hal, kemudian diuruk lagi," ujar Sutrimo .

Dia tergerak menggali lagi areal itu karena penasaran, batu apa sebenarnya yang dia lihat kala muda itu. Kemudian, dia mulai menggali tanah dan melihat ada batu panjang seperti tiang yang masih menyatu dengan landasan batu di bawahnya. "Tapi sekarang batu itu lepas dari landasannya," terang dia.

Lanjut dia, kawasan Kepatihan dulunya merupakan daerah di bawah kekuasaan kerajaan Kahuripan. Namun, dia tidak tahu betul jaman peninggalan kerajaan apa stupa berbentuk lingga nyoni. Karena bobotnya berat, untuk mengangkat batu itu butuh tiga orang.

Ngateman warga lainnya yang tinggal sejak tahun 1968 menyatakan, dulunya banyak terdapat bekas pondasi dari batu seperti bekas jaman kerajaan. Kini, pondasi itu terkubur dengan kedalaman dua meter. "Dulu di lokasi ditemukannya stupa itu dipasang cungkup seperti tempat nyekar," ujarnya.

Kepala Desa Kepatihan, Anang Suhari mengatakan jika dia mendapat laporan dari warga kalau menemukan situs peninggalan kerajaan. "Ketika saya cek memang ada," katanya.

Dia juga mengemukakan, Anang mengaku beberapa tahun lalu, di desanya pernah ditemukan koin kuno yang diduga peninggalan jaman Airlangga. Di desanya juga banyak terdapat bekas pondasi seperti peninggalan kerajaan, termasuk sumur tua dan benda kuno lainnya.

Dia berharap agar Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto bisa melihat dan meneliti stupa temuan warga. "Untuk memastikan stupa itu peninggalan kerajaan apa, kita harapkan BP3 bisa meneliti ke lokasi," tandasnya.

sumber : beritajatim.com
[imagetag]

Arsip Blog