Pelita Jaya Menangi Laga Vs Persisam 4-1

Samarinda - Persisam Samarinda mengalami kejutan yang tak menyenangkan ketika menjamu Pelita Jaya dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (13/1/12). Persisam menurunkan pemain terbaiknya, menduetkan Cristian Gonzales dengan Yongki aribowo di lini depan. Namun Eka Ramdani disimpan, digantikan Akbar. Sementara duet Safee Sali dan Greg Nwokolo dipasang Pelita Jaya, ditopang gelandang serang Bajevski.

Persisam berusaha mengembangkan permainan dengan mengutamakan penguasaan bola, namun buruknya lini pertahanan dalam melakukan jebakan offside mampu dieksploitasi oleh Pelita Jaya lewat umpan-umpan terobosan kepada Greg Nwokolo maupun Bajevski.

Baru empat menit laga berjalan, Pelita langsung mengoyak jala 'Pesut Mahakam' lewat permainan satu dua antara Bajevski dengan Safee, yang diselesaikan lewat tendangan keras Bajevski sedikit di luar kotak penalti. 1-0 Pelita unggul.

Hanya berselang 10 menit, Pelita kembali mengoyak jala Persisam. Umpan jauh dari lini tengah diterima Greg yang lepas dari jebakan offside di sayap kanan. Kiper Persisam, Usman Pribadi tak bisa berbuat banyak karena Greg mendapat dukungan dari Bajevski dan Safee, sementara tak satupun bek Persisam yang membantunya. Umpan datar Greg dengan mudah diteruskan Safee menembus gawang Persisam. Tampilan papan skor kembali berubah, kali ini menjadi 2-0.

Tuan rumah mendapat peluang memperkecil kedudukan dua menit kemudian. Gonzales berhasil memenangkan perebutan bola di dalam kotak penalti, namun tendangannya dari jarak dekat malah melambung di atas mistar gawang. Justru Pelita Jaya yang menambah keunggulan pada menit ke-28. Kembali barisan pertahanan Persisam gagal menerapkan jebakan offside, membuat Greg tak terkawal saat menerima terobsan Bajevski. Dengan tenang, Greg mengecoh kiper Persisam sebelum menceploskan bola ke gawang, mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Pelita menambah satu gol lagi lewat tendangan bebas Greg di menit ketiga injury time babak pertama, menggenapi keunggulan Pelita menjadi 4-0 hingga turun minum.

Persisam menggebrak di babak kedua saat baru satu menit laga berjalan. Pemain pengganti Eka Ramdani melepaskan tendangan bebas dari sudut kanan luar kotak penalti ke sudut kiri bawah gawang Pelita yang dijaga Kadek, kedudukan berubah menjadi 4-1.

Namun tempo permainan mulai menurun setelah itu. Tak banyak peluang yang tercipta. Baru pada menit ke-72, Pelita membuat ancaman serius lewat aksi individu Greg. Mengecoh dua pemain lawan di dalam kotak penalti, tendangan Greg masih bisa ditepis kiper lawan.

Persisam mampu menusuk ke kotak penalti memasuki 20 menit terakhir. Namun Yongki maupun Fandi Mochtar gagal mengoptimalkan peluang yang ia dapat. Hingga 90 menit usai, Pelita tetap unggul 4-1.

Dengan kekalahan ini, Persisam turun satu peringkat ke posisi tujuh dengan sembilan poin dari enam laga, sementara Pelita naik tiga peringkat ke posisi enam dengan 11 poin dari tujuh laga.

Daftar Susunan Pemain:

Persisam Samarinda: Usman Pribadi; Luc Owana, Djayusman Triasdi, Supriyanto, Isdanto; S. Lopicic, Akbar R, Fandi Mochtar (C), Arifki; Yongki Aribowo, Cristian Gonzales.

Pelita Jaya: I Kadek Wardhana; Hafid, Erik Setiawan, Victor Igbonefo, Stanislav Zhekov; Egi Melgiansyah, Joko Sasongko, John Tarkpour Songkaliey, Bajevski; Greg Nwokolo, Safee Sali.


sumber :inilah.com

Arsip Blog